EDITORIAL

Posted by Pelangi Horison 12 Februari 2011 0 Comment

PENGANTAR

Konstruksi keberagaman adalah aspek lahir dan aspek batin (eksoteris dan esoteris) ajaran agama Islam, baik dalam bentuk ritual keagamaan maupun pesan-pesan moral yang terdapat dalam sumber-sumber ajarannya. Sedangkan aktualisasi nilai-nilai agama adalah menampilkan dan memerankan nilai-nilai ajaran agama adalah menampilkan dan memerankan nilai-nilai ajaran agama dalam perilaku baik secara aktif maupun pasif dalam kehidupan individu dan masyarakat. Kedua variabel tersebut saling terkait, dimana pemahaman dan pengamalan inti keberagamaan akan berimplikasi terhadap perilaku pemeluk agama dalam berbagai aktivitas kehidupan baik yang berdimensi ketuhanan maupun berdimensi keduniaan.

Inti keberagamaan baik dalam pemahaman maupun dalam pengamalan pemeluknya dapat dilihat dari dua kaitan. Pertama, kaitannya dengan isyarat al-Qur’an dan Sunnah Nabi. Kedua, kaitannya dengan kepentingan pengimplementasian asas keimanan dan ketaqwaan dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan tujuan pembangunan itu sendiri dan tujuan pendidikan nasional.

Kondisi kedalaman keberagamaan akan terbentuk dalam diri pemeluknya apabila ia memiliki kesadaran keagamaan (religious counsciousness) dan pengalaman keagamaan (religious experience). Kesadaran keagamaan akan terasa hadir dalam hati dan pikiran atau aspek mental dari pelaku aktivitas agama. Dan pengalaman keagamaan merupakan kesadaran keagamaan dalam menumbuhkan keyakinan yang menghasilkan tindakan atau amaliah. Kesadaran dan pengalaman keagamaan seseorang dibentuk oleh pengetahuan akan norma-norma agama yang dimiliki dan nilai-nilai ajaran yang diyakininya, diperkaya dengan latihan dan tindakan. Jelasnya pengetahuan akan norma-norma agama dan keyakinan terhadap kebenaran nilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan membentuk kesadaran pemeluk agama yang termanifestasi dalam sikap batin dan perilakunya terhadap tuhan, sesama manusia dan lingkungan hidup sekitarnya yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia oleh karenanya jurnal VICRATINA berikhtiar memberikan kontribusi dalam proses dinamika keilmuan dengan menghadirkan beberapa makalah yang relevan dalam edisi perdana. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: EDITORIAL
Ditulis oleh Pelangi Horison
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pelangi-horison.blogspot.com/2011/02/penistaan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 Comment:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Belajar Ngeblog.